Minggu, 12 Februari 2012

Tradisi Membakar Dupa


Dupa wangi bagi sebagian besar masyarakat Tionghoa merupakan sebuah kebutuhan pokok dimana dupa tersebut secara rutin dipakai sebagai benda persembahan kepada para Buddha, Bodhisattva, dan Dewa. Setelah lebih dari seribu tahun berhubungan dengan dupa wangi, sekarang ini dupa bukan lagi menjadi benda persembahan dalam ritual keagamaan saja, membakar dupa wangi sudah menjadi tradisi bagi sebagian masyarakat Tionghoa sebagai wujud penghormatan. Misalnya saat upacara sembahyang leluhur, para keluarga dari si almarhum akan membakar dupa sebagai bentuk bakti.

Bentuk penghormatan dengan membakar dupa wangi bukan dilakukan terhadap yang seagama atau memiliki kepercayaan yang sama saja, pembakaran dupa bahkan sudah biasa dilakukan untuk menghormati orang-orang terhormat, yang telah meninggal, dari agama dan kepercayaan lain. Salah satu yang paling populer adalah penghormatan Jenderal Cheng Ho di kelenteng Sam Po Kong, Semarang. Hal lain yang paling sering ditemui pada masyarakat Tionghoa adalah membakar dupa kepada datuk. Datuk merupakan simbol dari orang-orang dari kepercayaan lain (non-Buddhis) yang telah meninggal namun pada masa hidupnya orang-orang tersebut meninggalkan nama baik.

Dalam ajaran Tao membakar tiga batang dupa mempunyai arti menghormati tiga dewa tertinggi dalam Taois, sedangkan dalam agama Buddha membakar tiga batang dupa merupakan penghormatan kepada tiga permata, Buddha, Dharma dan Sangha. Dupa dipercaya mempunyai kekuatan magis yang sanggup menembus lapisan langit dan menyampaikan penghormatan maupun permohonan dari pemuja. Namun agar membakar dupa dapat lebih bermakna maka jangan mengunakan tiupan mulut untuk mematikan api dupa, gunakanlah kipasan tangan untuk itu. Gunakan tangan kiri untuk menancapkan dupa ke bokor atau tempat dupa.

1 komentar:

  1. Jual bubuk dupa kelembutan 80 mesh atau sesuai keinginan.
    Bahan :
    * kayu gaharu
    * kayu cendana NTT galih murni super
    * kayu cendana NTT tatalan galih murni
    *kayu cendana NTT tatalan galih standard
    Hub: WA : 082210040407
    Call: 08113207558

    BalasHapus